Jumat, 30 Desember 2016

VIDEO: Pilot Citilink Diduga Mabuk, Kemhub: Tes Kesehatan Ulang



Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub) Suprasetyo memerintahkan pilot Tekad Purna untuk melakukan tes kesehatan ulang, walaupun hasil tes drug and alcohol di Klinik Graha Angkasa Pura I dinyatakan negatif. Perintah itu muncul setelah penumpang penerbangan Citilink QG 800 jurusan Surabaya- Jakarta, Rabu (28/12), mengeluhkan pilot yang mengawaki pesawat tersebut diduga mabuk. 

“Capt pilot bernama Tekad Purna tersebut harus melakukan medical check-up ke kantor kesehatan penerbangan hari ini juga,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (28/12).

Menurut Suprasetyo, tidak ada toleransi dalam hal keselamatan dan keamanan penerbangan. Segala sesuatu yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan harus dicegah sedini mungkin. Namun, dia juga mengingatkan apabila dari hasil tes kesehatan ulang ternyata hasilnya negatif, nama baik pilot tersebut harus dipulihkan.

Berikut laporan kronologi dari manajemen Citilink kepada Dirjen Perhubungan Udara:

05.09 WIB: Pilot tiba di flops dan langsung ke pesawat yang parkir di stand 5A dengan b sedang proses boarding. Pilot masuk ke kokpit dan melakukan pengumuman ke kabin pesawat dengan suara yang kurang jelas, sehingga hampir semua penumpang komplain dan meminta captain pilotnya di ganti.

05.30 WIB: Seluruh penumpang turun dari pesawat. Flops Citilink memutuskan mengganti captain pilot tersebut dengan Capt. Wahana Agus. Seluruh penumpang naik ke pesawat dan 9 penumpang memutuskan cancel.

06.20 WIB: Penerbangan QG 800 push back menuju Bandara Halim PK.

06.35 WIB : Capt Tekad diperiksa di klinik Graha Angkasa Pura I oleh dokter Putu dan hasil drug and alcohol test adalah negatif. 

Sumber: beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar